Hari ke-22: Beda

Hei, kamu.

Aku tak bermaksud mengungkit yang telah lalu, tapi… aku merasa perlu jujur padamu, dan sebelum waktu menyekapku makin jauh, kurasa aku perlu segera menulis padamu.

Ada beberapa hal yang belum sempat terucap saat kita sepakat untuk tidak lagi saling mengikat. Bukan aku tak mau jujur. Aku cuma takut emosiku menghantam gerbong-gerbong kata dan meledakkannya di depanmu. Kamu pernah jadi nomor satu, tak pantas kamu mendadak jungkir balik di peringkat cintaku.

Lucu, ya, bagaimana hidup suka bercanda. Aku jatuh cinta pada perbedaan kita, lalu aku jatuh timpang pada perbedaan pula. Untuk saling melengkapi ternyata butuh toleransi tinggi. Untuk saling melengkapi, ternyata tidak semudah menjumlah bilangan negatif dan positif.

Tak ada keraguan dalam hatiku bahwa kamu pun berusaha mempertahankan kita sebagai ‘kita’. Tapi cinta ini bukan lagi rajutan, Sayang. Cinta ini telah menjadi tambal sulam. Tak jarang keinginan kita untuk mencintai justru terartikan sebagai menyakiti. Dan kadang, daripada sibuk menambal ulang kain yang usang, kita bisa lebih cepat menjahit dengan lembar kain yang baru.

Maafkan aku, yang memilih saat yang tak tepat untuk mengajukannya padamu. Di saat hidupmu kalang-kabut, di saat tekanan menyerut perbedaan kita jadi makin runcing, di saat harusnya aku memeluk, aku justru melepasmu. Aku masih ingat benar nanar pandangmu malam itu. Tak menyangka bahwa orang yang paling kamu sayang, bermutasi jadi orang yang paling tega. Dan aku tak punya pembelaan apa-apa hingga sekarang. Tak juga sesuatu untuk mengobati luka. Aku cuma punya kata maaf. Meski mungkin tak pernah cukup bagimu.

Maafkan aku.

Tinggalkan Balasan

